TAKEN BLACK(My Cerpen)

Rabu, 07 Desember 2011





Ter,lo ingat kan janji lo?
Kata dika mengingatkan
‘iya ingat kog’jawab tere datar
Kapan ter?
‘lo ngga bisa menunda terus,waktu lo tinggal 3 hari,’ingat dika yang duduk di samping jendela
‘gue tau dik waktu gue tinggal 3 hari di indonesia setelah itu gue bakal pergi buat setahun ini’bahas tere
‘jangan sampai lo nyesel ter’kata dika lagi
Tere menoleh ke arah dika,dika Cuma menatap balik,tere mencar i kejujuran dari  kata-kata dika.
‘Ntar sore gue ke rumah edo’putus tere
Dika tersenyum mendengar keputusan tere
Tere bakal pergi ke belanda buat waktu setahun ini,dan dia pernah janji ke dika kalo dia bakal pamit sama orang yang dia sayang.
‘semoga aja gue kuat’kata tere lagi
‘ter elo berani ngadapin para profesor itu masa ngadapin edo elo ngga berani?ingat dika
‘itu beda dik,edo is my ordinary and this scolarship  my  behaviour’
‘ter ayolah ter sebelum lo nyesel nanti,ingat ter elo pergi buat waktu setahun bukan cuman sebulan dua bulan aja’ingat dika
Tere menatap sahabatnya itu tanpa beranjak dari spring bed nya,dika adalah sahabat tere yang selalu ada buat tere.
Tok . . .tok . . .tok . .  .pintu kamar tere di ketuk,dika yang ada di samping jendela membukakan  pintu.
Ternyata itu mama tere.
‘tante’seru dika sambil tersenyum
‘duh yang mau pisah lagi puas-puasin waktu berdua niy’goda mama
Dika cuman tertawa  kecil
‘ih mama kaya kita pacaran aja puas-puasin berdua’seru tere
‘tere waktu berduaan kan ngga sama pacar aja,tu kamu mikirnya jauh aja’kata mama
Dika cuman senyum-senyum ngga jelas sementara tere manyun kodok.
‘oya tere gimana kopernya udah di siapin packing nya udah selesai?
Tanya mama tere
‘udah ma,tapi kopernya kurang tuh ma,tere perlu 1 koper lagi kan perginya setahun ma’
‘gitu ya kalo gitu mama pergi ke mall dulu beli koper lagi buat kamu’kata mama tere
‘bye sayang,dika tante tinggal dulu ya’kata mama tere sambil tersenyum
‘iya tante’balas dika
Mama tere pun berlalu dan menutup pintu kamar tere
‘sibuk banget  nyokap lo ter’
‘iya dia paling semangat malah’
‘ya wajar aja sih secara lo perginya buat setahun ter’
‘iya dik’
‘lo tau ngga packing ini aja udah dua minggu yang lalu’kata tere sambil tertawa
‘gara-gara nyokap tu ngebawelin’
‘tere-tere ntar aja lo bakal kangen sama nyokap lu yang bawel itu,hehehehhe’goda dika . . .
‘iya gue bakal kangen semua yang ada di sini dik’kata tere dengan nada sendu
‘termasuk sama elo ngga ada lagi yang bakal dengerin curhat gue trus ngga ada lagi nemenin gue belanja,hikz . .  .’
‘ter gue juga bakal kesepian tanpa elo’
Mereka berdua berpelukan dan menangis.



Jam menunjukkan pukul 04.00 sore
Tere sudah ada di depan rumah edo,rumah yang ngga pernah di injaknya lagi selama 6 bulan ini.tere membuka pagar rumah itu.
Dan sesampainya di depan pintu tere memencet bel.
Pintu pun di buka dan keluarlah seorang  wanita yang sebaya dengan mama tere.
‘lo perasaan mobil mama edo ngga ada deh tadi di depan tapi kog ada mama nya sih?bathin tere
‘sore tante’kata tere sambil tersenyum semanis mungkin.
‘sore juga,cari siapa ya?tanya mama edo
‘ups kaya nya udah lupa sama wajah gue’bathin tere dengan sedih
‘edo nya ada tante?’
‘edo nya lagi keluar’
‘owh . . . lama ngga kira-kira tan?’tanya tere
‘mungkin ngga . .  .’jawab mama edo
‘boleh saya tunggu tante?’pinta tere
‘owh boleh . . . oya hampir lupa silahkan masuk dari tadi ngobrol di depan pintu aja’kata mama edo
Tere pun masuk keruang tamu.
‘tempat pertama kali ke rumah ini’bathin tere sedih
‘tapi nyokap nya ngga ngingat gue lagi’
‘oya nama kamu siapa?tanya mama edo
‘saya tere tante’jawab tere sambil berusaha menyembunyikan kesedihannya
‘rasanya kog saya pernah ketemu kamu ya?tapi saya lupa di mana?’kata mama tere
‘saya pernah ke sini kog tante’jawab tere getir
‘oya?kapan?seru mama tere
‘6 bulan yang lalu waktu saya pacaran sama edo,dia pernah ngenalin saya ke tante’
‘owh iya iya baru ingat,rasanya edo pernah cerita kalo kalian udah putus’kata mama edo
Hati tere teriris,’bahkan putus aja dia bilang sama nyokapnya’
Tere jadi sedih.
Seakan bisa membaca pikiran tere,mama edo berkata’yah namanya juga anak muda berpikirnya kurang panjang’
Tere Cuma tersenyum mendengar ucapan mama edo
‘gimana kuliahnya nak tere?tanya mama edo
‘baik kog tan,dan insya allah 3 hari lagi  saya  mau ke belanda tante’terang tere
‘oya?hebat dong
Tere Cuma tersenyum tipis,’baik juga ternyata nyokap edo baik juga,padahal dulu rada sinis”bathin tere
‘alhamdulillah dapat beasiswa tan buat setahun’kata tere
‘jarang lo yang bisa dapat kesempatan itu’kata mama edo
Iya tan kesempatan langka’kata tere
‘oya tante tinggal ke ke belakang dulu ya ter’kata mama edo sambil berdiri meninggalkan tere,tere mengangguk.
Tere menatap sekeliling ruang tamu’sama kaya 6 bulan yang lalu’ngga ada yang berubah’bathin tere
Ngga lama kemudian mama edo datang dengan membawa nampan minuman’di minum ya tere’
‘iya tante’
‘tere tante masuk dulu ya kamu tunggu aja sebentar lagi edo datang kok’kata mama tere
‘iya tante,balas tere.
Mama edo pun berlalu tinggal tere sendirian dengan pikiran yang berkecamuk.

30 menit kemudian suara deru mobil memasuki pelataran
‘jangan-jangan edo’bathin tere
‘oya biasa nya kan kalo ngga mama nya yang make edo juga make mobil nyokapnya’ingat tere
Kemudian masuklah seorang  laki-laki paruh baya yang di kenali tere sebagai papa edo
Tere melempar senyum ramah kepada papa edo
‘eh ada tamu’
‘teman edo ya?tanya papa tere
‘iya om’kata tere
‘itu edonya’kata nya sambil menunjuk ke luar,” om tinggal dulu ya’kata papa tere sambil berlalu dan masuk ke kamar.
‘iya om’kata tere sambil mengangguk
Kemudian muncul lah sosok yang di tunggu tere
Edo kaget mendapati tere
‘tere?’serunya
‘iya ini gue do’
‘gue mau ketemu elo’
‘sory kalo gue ganggu waktu elo,gue cuman bentar kog,kata tere
‘ngga kog kaget aja’kata edo sambil duduk di sofa
‘hmm . . .ke depan aja yuk ter,biar enak suasana nya’tawar edo
‘boleh’kata tere
Tere mengikuti edo dari belakang
Mereka duduk di kursi yang ada di depan
‘dah lama ter nunggu?
‘sekitar dua jam’
‘sory ngebuat lo lama nunggu tadi lagi nganterin bokap ke bengkel’kata edo
‘ngga pa2 kog lagian kan salah gue juga ngga bilang dulu kalo mau ke rumah elo’jelas tere
‘lagian tadi gue ngobrol2 sama nyokap lo’kata tere
‘udah berani ter ngobrol sama nyokap gue”?tanya edo lemah
‘udah’jawab tere singkat.
Seingat edo tere paling ngga berani ngobrol sama nyokap nya,tapi itu dulu
Mereka sama-sama berkecamuk dengan pikiran masing-masing.
Kabar lo gimana ter?tanya edo memecah keheningan suasana
‘gue baik kog’
‘gimana elo?
‘gue juga baik kog
Hmm . . .sama siapa elo sekarang ter?tanya edo
Keadaan hening lagi sejenak . . .
‘gue ngga sama siapa2 do’jawab tere lemah
Kemudian hening lagi . . .
‘nggg . . edo’panggil tere
Edo menoleh ke arah tere,tere membalas tatapan edo sekilas kemudian menghindarkan pandangannya
‘gue ke sini mo pamitan do’kata tere
‘pamitan?’
‘mank lo mau kemana ter?
Tanya edo
‘gue mo ke  belanda do’
‘ngapain?tanya edo sambil menatap tere  yang menunduk,tergambar dari suaranya edo kaget
‘gue dapet beasiswa ke sana do,dan 3 hari lagi gue berangkat,kata tere
Edo shock,diam-diam edo masih sayang tere,tapi 1 hal yang ngebuat hubungan mereka berakhir waktu tere ngebuat kesalahan dan edo ngga bisa nerima hal itu,dan sekarang edo baru ngerasa kehilangan tere”childish lo do”bathin nya sendiri
‘terus kenapa elo pamitan ma gue?
‘gue udah janji sama diri gue kalo gue bakal pamitan sebelum berangkat,kata tere
‘kenapa gue?’
Karena gue masih sayang elo do,gue ngga bisa ngelupain apa yang udah terlewati,kata tere lemah ,matanya udah mulai memerah.
‘gue bakal nyesal kalo gue ngga pamitan sama elo’
‘gue tau elo udah benci sama gue karna salah gue ke elo’
.’dan gue tau salah gue fatal buat elo maafin’karna itu gue sadar do’
‘ter’potong edo
Tere tetap melanjutkan kata-kata nya.
Maaf kalo gue ganggu elo sekarang,ini terakhir kali gue ngeliat elo do,seengga nya gue bahagia udah pamit sama elo’kata tere
Tere ngga bisa menahan airmatanya,sesengukan . . ..matanya menerawang
‘gue ngga minta elo buat maafin gue dan mau balik ke gue,ngga do,gue udah lega kog seengganya gue udah jujur sebelum gue pergi’kata tere menerawang
Edo menatap tere,kemudian merengkuh tere ke dalam pelukannya
Tere menangis sesengukan di pelukan edo,tangis yang selalu tumpah,tere memang merindukan pelukan edo.
‘ter gue ngga pernah membenci elo’
‘gue juga salah ter,seharusnya gue ngga bersikap childish kemarin’aku edo
‘maafin gue ter’
Kata edo melemah
‘tere menangis sejadi-jadinya,lamat-lamat di lepasnya pelukan edo dan berdiri
‘thanks do udah mau nemuin gue,gue lega malam ini’kata tere sambil tersenyum di sela tangisnya
‘gue balik do.thanks a lot’tere mendekat ke edo lagi dan mencium kening edo seperti waktu mereka masih pacaran.
,bye’tere melangkah pergi dari rumah edo dan meninggalkan edo yang diam terpaku
‘thanks for all,apapun kata-kata lo lagi kita udah ngga bisa bersatu lagi’bathin tere
Tere mengendarai motornya,di jalan ia menangis lagi
‘ter gua ngga sanggup kalo harus kehilangan elo lagi’bathin edo,airmatanya tumpah.
Sesampainya di rumah,tere menghapus airmatanya dan bersikap sebiasa mungkin.
‘dari mana aja sih kamu’semprot mama
‘sory ma tadi tere ke rumah wilda’bohong tere
‘kog dika ngga di ajak?’tanya mama
‘dika?bukannya tadi udah pulang?kata tere
‘itu ada di kamarmu?kata mama tere ngga kalah heran . . .
Tere ngga menjawab lagi pertanyaan mamanya,dia langsung melengang ke kamar
‘daripada di bawelin mama’bathin tere
‘oya tere kopernya ada di kamar kamu’
‘iya ma’
Sesampainya di kamar di dapatinya dika sedang membaca novel
‘tere’kata dika
Tere ngga berkata apa-apa  dan langsung memeluk dika dan menangis sejadi nya dipelukan,dika dengan sabar mendekap tere
‘gue ngga sanggup dik’
,sabar re,sabar,mungkin ini yang terbaik buat elo’sabar yah’kata dika menenangkannya.

3 hari kemudian
‘tere jaga kesehatan ya di sana?pesan mama
Iya ma’
‘tere jangan lupa hbungin kami’ingat papa
‘iya pak pasti deh’kata tere sambil melepas pelukannya dari papa nya
Kemudian tere memeluk dika lagi
‘ter baik-baik di sana,kalo ada apa-apa hubungin gue’pesan dika
‘pasti’kata tere
Tere ngga bisa menahan airmatanya begitu juga mama dan papa tere juga dika.
Tere sesengukan.
‘tere pasti balik kog ma’kata tere memeluk mamanya sekali Lagi.

Sementara itu edo sedang berada di jalan raya terjebak di dalam kemacetan.
‘Ter . . .ter’bathinnya
Edo dalam perjalanan menuju bandara  karena ngga sabaran edo merobos jalan dan terlempar ke luar jalan.
Orang-orang panik dan berdatangan ke mobil edo yang terlempar
Edo berlumuran darah,’ter  jangan tinggalin gue’ . . . . gumamnya,kemudian semuanya gelap.

Sementara tere sudah di pesawat menuju belanda dengan cinta yang ada di hatinya
‘edo’bathinnya.
MsoNormal

0 comments:

Posting Komentar

Blog contents © caffucino 2010. Blogger Theme by Nymphont.