kecanduan facebook membuat khawatir bentuk tubuh

Senin, 09 April 2012

Jakarta - Menghabiskan waktu berjam-jam untuk membuka Facebook tidak hanya dapat berdampak buruk bagi produktivitas Anda saja. Menurut penelitian, kebiasaan itu bisa membahayakan kesehatan Anda juga.
Dalam survei, ditemukan bahwa ada 51 persen dari pengguna Facebook yang merasa terlalu khawatir dengan tubuhnya setelah melihat foto diri mereka di situs jejaring sosial itu. Hasil survei tersebut didapat dari The Center for Eating Disorders.






"Facebook membuat orang menghabiskan waktu lebih banyak untuk
mengkritik tubuh mereka sendiri dan berharap mereka tampak seperti orang lain," ujar Direktur 'The Center for Eating Disorders', Dr Harry Brandt dalam laporannya.
"Dalam era teknologi modern dan akses yang konstan yang bisa didapat dari SmartPhone, itu membuat orang susah menghapus diri dari imej dan pemicu lainnya yang mempromosikan citra tubuh negatif, rendah diri dan akhirnya mengalami gangguan makan," tambah Brandt lagi.

80 persen dari peserta survei yang berusia 14 hingga 40 tahun itu, mengatakan bahwa mereka "minimal sehari sekali" membuka situs jejaring Facebook. Sehingga tak mungkin bagi mereka untuk tidak melihat fotonya sendiri atau foto teman-temannya.

Penelitian juga menemukan, 44% orang mengatakan ingin memiliki tubuh seperti teman mereka ketika sedang melihat fotonya, dan 32% merasa sedih saat membandingkan foto mereka sendiri dengan foto teman-teman mereka.
Lebih mencengangkannya lagi, 37% mengatkan mereka merasa perlu untuk 'mengubah bagian tertentu dari tubuh mereka ketika membandingkan tubuhnya dengan tubuh teman-teman mereka' di Facebook.

"Sebagai orang yang menghabiskan waktu lebih banyak waktu untuk memikirkan kekurangan tubuh, maka mereka akan lebih jarang memikirkan hal positif dan terlibat dalam kehidupan yang memuaskan," kata Dr Steven Crawford dalam laporan yang sama.


sumber: http://wolipop.detik.com/read/2012/04/03/074412/1883482/1135/facebook-bisa-buat-orang-khawatirkan-bentuk-tubuh(eya/k

aku copas artikel ini karena aku rasa artikel ini berguna untukku dan semoga berguna untuk pembaca blog saya semua :)

4 comments:

rico saputra mengatakan...

(Y)asik juga artikel nya

Unknown mengatakan...

ane udah bosan sama fb, paling cuma buat promosi blog aja :D

ninaya mengatakan...

ty rico :)

ninaya mengatakan...

ane juga :) fb cuman buat promosi blog :D

Posting Komentar

Blog contents © caffucino 2010. Blogger Theme by Nymphont.