taman nasional tanjung puting

Rabu, 04 April 2012



taman nasional tanjung puting ini terletak di kalimantan tengah tepatnya kota "kumai", sebuah kota kecil yang memakan waktu satu jam dari "pangkalanbun". taman nasional tanjung puting adalah taman nasional tempat pelestarian orang utan dari kepunahan dan penjarahan.


Orang Utan

di sini orang utan di lindungi dan di beri makan. tempat berkumpulnya orang utan untuk makan bernama "bedeng"
bedeng(tempat orang utan makan)

nah ketika penjaga taman nasional memanggil orang utan dengan suara-suara yang hanya penjaga itu yang mengerti, maka orang utan pun berdatangan ke bedeng, taman nasional ini bahkan sudah di kenal sampai mancanegara karena memang jumlah orang utan yang hampir punah dan taman nasional ini menjadi salah satu tempat pelestarian selain yang ada di daerah lain.tidak cuma orang utan yang menjadi daya tarik taman nasional tanjung puting ini juga ada  buaya dan bekantan, yaitu sejenis monyet yang hidungnya panjang seperti hidung pinokio,huhuhuhu....



ups...lupa :)
ke tanjung puting ini dengan menggunakan kelotok


kelotok 

 nah mungkin ini juga yang menjadi salah satu daya tarik, wisatawan lokal maupun asing, bagaimana tidak? di kelotok para wisatawan bisa menikmati keindahan sungai teluk kumai dan relax. nah di sepanjang sungai masuk ke tanjung puting juga kalau beruntung bisa menemukan buaya sungai yang sudah langka, menurut penduduk sekitar taman jaman dahulu banyak berbagai macam binatang hutan yang tinggal di taman nasional tanjung puting, tapi sekarang sudah musnah karena penjarahan. dan orang utan yang adapun hanya sisa dari penjarahan yang beruntung masih ada yang peduli dan sadar akan pelestariannya.

TNTP merupakan taman nasional yang sudah mendunia, dan bisa menjadi alternatif untuk berlibur yang cerdas, karena sambil berlibur sambil mengenal alam kita sendiri :)

1 comments:

ninaya mengatakan...

miss this place :(

Posting Komentar

Blog contents © caffucino 2010. Blogger Theme by Nymphont.